Blogroll

news

Loading...

Translate

Sabtu, 05 Januari 2013

SEJARAH KOMPUTER


SEJARAH KOMPUTER
Pada awalnya computer diciptakan sebagai alat bantu manusia untuk melakukan perhitungan. Dan memang hingga jaman modern ini computer masih berfungsi sebagai alat hitung akan tetapi computer juga bertambah fungsinya yaitu sebagai alat pemroses data menjadi informasi. Oleh karena itu proses perkembangan dan sejarah computer tidak terlepas dari sejarah alat hitung. Berikut ini sejarah dan perkembangan computer.
a.      Abacus
Adalah alat untuk perhitungan matematika yang pertama. Alat ini dapat membantu melakukan operasi matematika dari penambahan hingga pengurangan dengan kecepatan yang sama dengan kalkulator modern. Abacus dikenal juga dengan nama sempoa. Alat ini ditemukan di Babylonia sekitar tahun 300 Bc. 
b.      Napier Bones
Pada tahun 1617 John Napier menciptakan logaritma. Penemuan Napier ini kemudian menuntun ke penciptaan sebuah alat yang berbentuk batang penggaris dan disebut slide rule. Dibuat di Inggris tahun 1632-1960.
c.      Pascalline


Tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin hitung yang diberi nama Pascalline. Alat ini berbasiskan pergerakan gear (roda penghitung) hanya dapat menjumlah saja. 
            Perkembangan computer dikategorikan menurut komponen utama, antara lain:
·         GENERASI PERTAMA (1951-1958)
Computer generasi ini diberi nama ENIAC, komponen utamanya adalah electronic vaccum tube (tabung hampa udara). Sifat dan bentuknya: ukuran fisik sangat besar dan berat, kondisi mesin cepat panas, proses relative lambat, kapasitas menyimpan kecil, program umumnya dalam bahasa mesin.


·         GENERASI KEDUA (1959-1964)
Computer yang dibuat sudah menggunakan transistor sebagai komponen utama. Sifat dan bentuknya: ukuran fisik lebih kecil dan ringan, komponen tidak banyak mengeluarkan panas, proses pengolahan data lebih cepat dibanding generasi pertama, kapasitas penyimpanan lebih besar, program dalam bahasa Assembly/bahasa tinggi.

·         GENERASI KETIGA (1965-1970)

Komponen utamanya menggunakan IC (Integrated Circuit) yang berbentuk Hybrid Integrated Circuits dan Monolitic Integrated Circuits. IC ini berfungsi untuk tempat pemrosesan / pengolahan data dalam computer (tempat inti proses data). Sifat dan bentuknya: ukuran fisik sangat kecil, proses pengolahan lebih cepat daripada generasi kedua, kapasitas penyimpanan jauh lebih besar.
  
·         GENERASI KEEMPAT (1970-1983)
Komputernya sudah menggunakan komponen Chip IC (IC yang mempunyai banyak kaki yang lembut) sebagai komponen utama pengembangan dari generasi ketiga. Komponen ini disebut dengan LSI (Large Scale Integration). Kompone ini kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). Sifat dan bentuknya: proses pengolahan data semakin cepat, masa pakai komponen lebih lama, kehandalan komponen lebih baik, bentuk semakin kecil.  
·         GENERASI KELIMA (1983-sekarang)
Pada generasi ini ditandai dengan adanya komponen yang sanggup berfikir sendiri yang sering disebut dengan intelegensi buatan. Computer generasi ini sudah menggunakan Micro Processor sebagai otak kerja computer. Processor yang digunakan adalah jenis Intel yang memiliki banyak generasi dengan kecepatan proses (clock) yang berbeda-beda, antara lain: Intel Pentium I: 200Mhz, 266Mhz. Intel Pentium II: 350Mhz, 400Mhz, 450Mhz, 500Mhz. Intel Pentium III: 500Mhz, 633Mhz, 733Mhz, 800Mhz, 1.0Ghz. Intel Pentium IV: 1.2Ghz, 1.7Ghz, 2.0Ghz, 2.2Ghz, 2.4Ghz, 2.8Ghz. Processor ini menguasai pasaran computer di Indonesia. Processor AMD merupakan pilihan kedua para pengguna computer.
  


0 komentar:

Poskan Komentar